Thursday, October 27, 2011

KOMODO, THE DRAGON--- TAMAN NASIONAL KOMODO -- INDONESIA

          Taman Nasional Komodo terdiri dari tiga buah pulau besar yaitu pulau Komodo, pulau Rinca dan pulau Padar serta 26 buah pulau besar/kecil lainnya. Sebanyak 11 buah gunung/bukit yang ada di Taman Nasional Komodo dengan puncak tertinggi yaitu Gunung Satalibo (± 735 meter dpl).Keadaan alam yang kering dan gersang menjadikan suatu keunikan tersendiri. Adanya padang savana yang luas, sumber air yang terbatas dan suhu yang cukup panas; ternyata merupakan habitat yang disenangi oleh sejenis binatang purba Komodo (Varanus komodoensis).


          Sebagian besar taman nasional ini merupakan savana dengan pohon lontar (Borassus flabellifer) yang paling dominan dan khas. Beberapa tumbuhan yang ada di Taman Nasional Komodo antara lain rotan (Calamus sp.), bambu (Bambusa sp.), asam (Tamarindus indica), kepuh (Sterculia foetida), bidara (Ziziphus jujuba), dan bakau (Rhizophorasp.)
           Selain satwa khas Komodo, terdapat rusa (Cervus timorensis floresiensis), babi hutan (Sus scrofa), ajag (Cuon alpinus javanicus), kuda liar (Equus qaballus), kerbau liar (Bubalus bubalis); 2 jenis penyu, 10 jenis lumba-lumba, 6 jenis paus dan duyung yang sering terlihat di perairan laut Taman Nasional Komodo.
          Potensi kehidupan laut di taman nasional ini tercatat sebanyak 259 jenis karang dan 1.000 jenis ikan seperti barakuda, marlin, ekor kuning, kakap merah, baronang, dan lain-lain.Taman Nasional Komodo merupakan asset nasional yang mendapat dukungan bantuan teknis untuk pengelolaannya secara internasional, dan telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Alam Dunia dan Cagar Biosfir oleh UNESCO.
Saat ini pulau komodo merupakan salah satu kandidat kuat menjadi salah satu dari keajaiban dunia yang dilakukan melalui vote atau pemilihan.Kita dapat melakukan vote melalui SMS.4 Operator yakni Telkomsel, XL, Indosat,dan Telkom Flexi sudah menggratiskan biaya SMS Rp.0 untuk vote KOMODO.Caranya mudah ketik KOMODO kirim ke 9818.Lebih dari 100 SMS,maka nama anda akan ditulis pada Monumen pada pulau Komodo .JAYALAH INDONESIA. 
Silahkan kunjungi http://www.pilihkomodo.com/
by Facebook Comment

No comments: