Thursday, August 30, 2012

Pengaruh Penyatuan Zona Waktu Indonesia terhadap Ekonomi Indonesia


          Indonesia merupakan negara maritim yang terdiri dari beribu pulau dan banyak perairan,Kita mengetahui bahwa indonesia terdiri dari 3 zona waktu yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT). Hal ini di berlakukan sejak tahun 1988 yang menjadikan setiap bagian waktu Indonesia berbeda 1 jam dengan bagian Indonesia lainnya. Hal ini menjadikan Kalimantan terbagi dua bagian waktu yaitu Waktu Indonesia Barat dan Waktu Indonesia Tengah.

          Saat ini tahun 2012,Pemerintah sedang gencar-gencarnya mendiskusikan tentang penyatuan waktu di Indonesia sehingga seluruh wilayah Indonesia akan memiliki pembagian waktu yang sama yaitu menjadi Waktu Indonesia Tengah (WITA) atau GMT + 8..Rencana pemerintah untuk melakukan penyatuan zona waktu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak yang memandang bahwa penyatuan zona waktu akan berpengaruh positif terhadap kondisi ekonomi Indonesia.Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa juga menyampaikan bahwa penyatuan zona waktu ini juga akan memberikan banyak dampak positif terhadap Indonesia khususnya pertumbuhan ekonomi Indonesia.


    Dengan adanya penyatuan waktu di Indonesia akan menjadikan seluruh pegawai/karyawan/pekerja akan bekerja pada jam yang sama dan hal ini akan memberikan keuntungan kepada Birokrasi yang akan semakin sederhana apalagi di daerah perbatasan zona waktu barat, tengah dan timur. Bagaimana hal ini bisa berpengaruh kepada tingkat pertumbuhan Indonesia? Dengan birokrasi yang sederhana jelas akan memberikan dampak yang baik pada pertumbuhan usaha-usaha baru dan menjadikan pertumbuhan ekonomi pada daerah-daerah timur dan tengah menjadi semakin cepat. Sistem perdagangan antar daerah juga secara tidak langsung juga akan semakin efisien. Dengan sistem zona waktu yang terbagi tiga akan menjadikan waktu perdagangan Indonesia bagian barat-tengah dan timur jelas akan berbeda karena perbedaan waktu satu jam dan jelas hal tersebut bukanlah hal yang efisien. 
           Dengan sistem penyatuan zona waktu akan menjadikan waktu perdagangan seluruh wilayah Indonesia bagian tengah dan timur akan semakin banyak ke bagian barat. Hal ini juga akan berpengaruh kepada investasi tidak langsung, karena dengan kesamaan waktu di seluruh Indonesia akan memberikan hal positif terhadap transaksi di Bursa Efek Indonesia ( Perusahaan2 yang list di BEI yang berasal dari bagian tengah dan timur dapat melakukan transaksi seperti perusahaan yang terdapat di Indonesia bagian barat)_tapi hal ini jelas masih menjadi perdebatan_semoga Pemerintah Indonesia dapat menghasilkan keputusan yang tepat untuk Indonesia yang lebih baik....
by Facebook Comment

No comments: